Kombinasi Group Choice dan Bulk Enrolment di Moodle untuk registrasi sederhana  

Anda mengelola site menggunakan Moodle dan ingin membuat skema registrasi untuk beberapa pilihan jadwal dan kemudian memasukkan user-user pada pilihan jadwal ke course tertentu sesuai jadwal? Dua buah plugins berikut bisa membantu anda, mungkin tidak menjadi skema pendaftaran yang fully online, tapi cukup cepat dan simple tanpa perlu pengaturan yang rumit.


Install plugin Group Choice (https://moodle.org/plugins/mod_choicegroup) di site Moodle anda.

Install plugin User Bulk enrolment (https://moodle.org/plugins/local_bulkenrol) di site Moodle anda.

Buat Course untuk pendaftaran

Buat beberapa Course sesuai jumlah jadwal yang diinginkan.


Di course untuk pendaftaran, buat group yang berisi jadwal-jadwal dan kemudian masukkan group tersebut kedalam activity Group Choice. Anda bisa membatasi jumlah user yang bisa masuk ke masing-masing group di activity Group Choice.



Download pilihan group oleh masing-masing user pada pada activity Group Choice kedalam file Excel dan kemudian Copy email dari user sesuai pada group yang dipilih pada file Excel.



Di Course tujuan, pilih "Course Administration", kemudian pilih "User", kemudian pilih "User bulk enrolment", dan kemudian paste email-email yang dicopy dari file Excel. Setealh anda klik pada "Enrol users" kemudian peserta-peserta sudah masuk ke course tujuan.