Sistem Ujian Bahasa Inggris Online  

Masa pandemic Covid-19 tidak menyurutkan kebutuhan akan sertifikat kompetensi Bahasa Inggris dari mahasiswa Universitas Udayana maupun dari khalayak umum. Unit Sumber Daya Informasi (USDI) dan UPT. Bahasa mengembangkan Sistem Ujian Bahasa Inggris Online yang bisa diakses melalui laman https://uclt.unud.ac.id.
Sebelum melakukan pendaftaran, calon peserta diwajibkan mengikuti uji coba sistem untuk memastikan calon peserta siap untuk hardware maupun software yang diperlukan. Kegiatan ujian secara umum berjalan lancar. Apabila ada peserta yang mengalami kendala ditengah-tengah ujian, maka peserta bisa mengulang kembali bagian yang belum dikerjakan pada jadwal ujian berikutnya, dengan catatan kendala yang dialami bisa ditunjukkan dengan screenshoot ataupun melalui pemantaun webex dan sudah divalidasi oleh proctor
Ketika mengikuti ujian, peserta diwajibkan menggunakan dua perangkat, yaitu computer/laptop untuk mengakses sistem ujian dan Handphone untuk pemantauan melalui video conference. Untuk menghindarkan peserta mengakses materi-materi seputar test, dipergunakan Safe Exam Browser sehingga peserta hanya bisa membuka menu ujian saja di computer/laptop. Sedangkan untuk media video conference dipergunakan Webex Unud dimana proctor UPT. Bahasa bisa memantau langsung kondisi peserta ujian dan bisa mengingatkan secara real time apabila dari video terlihat peserta melakukan tindakan yang mencurigakan.